Langsung ke konten utama

UNDERPASS STASIUN CITAYAM



Hasil gambar untuk stasiun citayam

  Underpass/Terowongan adalah sebuah tembusan di bawah permukaan tanah atau gunung, umumnya tertutup di seluruh sisi kecuali di kedua ujungnya yang terbuka pada lingkungan luar. Underpass biasa digunakan untuk lalu lintas kendaraan (umumnya mobil atau kereta api) maupun para pejalan kaki atau pengendara sepeda.

  Pembangunan underpass di Indonesia saat ini sedang dibangun di 6 stasiun Jabodetabek, yaitu Stasiun Citayam, Stasiun Tebet, Stasiun Pondok Cina, Stasiun Pondok Ranji, Stasiun Sudimara dan Stasiun Cilebut. Dibangunnya underpass di 6 stasiun tersebut karena jumlah penumpangnya yang banyak.

Citayamstation.jpg

  Saya disini akan membahas tentang pembangunan underpass di Stasiun Citayam. Stasiun Citayam merupakan stasiun yang berada di kabupaten Bogor atau lebih dekat dengan perbatasan antara Depok dengan Bogor. Stasiun ini mulai beroperasi pada tahun 1998, namun pada tahun tersebut terjadi krisis hebat maka stasiun ini menganggur selama 2 tahun.

  Setelah 2 tahun PT Kereta Api mengoperasikan KRD Manggarai-Nambo PP. Sayangnya karena kereta yang sudah kuno dan okupansi yang rendah maka stasiun ini ditutup pada 2006. Stasiun ini kembali beroperasi pada tanggal 1 April 2015 dan menggunakan KRL Commuter Line Nambo-Duri dan Bogor-Jakarta Kota.

  Seiring dengan berjalannya waktu, Stasiun Citayam ini semakin lama semakin padat jumlah penumpang KRL, hal tersebut membuat PT KAI Commuter Line Jabodetabek berencana akan membangun underpass yang berfungsi sebagai perlintasan penumpang antar peron, agar mempermudah penumpang untuk melintas dan meminimalisir terjadinya kecelakaan di perlintasan kereta.


Rabu, 14 Desember 2016

  BOGOR-Saya beserta tim sebelumnya sudah mempersiapkan beberapa pertanyaan mengenai pembangunan underpass ini. Sekitar pukul 14.00 WIB saya beserta tim sampai di lokasi, setelah sampai kami langsung mencari ketua pelaksana proyek tersebut, setelah bertanya-tanya saya dan tim hanya dapat bertemu dengan mandor. Beliau bernama Bapak Slamet, setelah berbincang akhirnya beliau bersedia untuk di wawancarai mengenai pembangunan underpass tersebut. Saya beserta tim mulai menanyakan beberapa hal kepada beliau.


  Proyek pembangunan ini mulai dilakukan pada tanggal 7 Desember 2016 atau baru seminggu berjalan, pembangunan ini dilakukan oleh PT Modern Surya Jaya yang bekerja sama dengan PT KAI Commuter Line Jabodetabek. Untuk Detail Engineering Desain (DED) sebenarnya saudah dibuat kemenhub sejak 2012 lalu. Pembangunan ini perkirakan akan selesai pada Juni 2017, lamanya pembangunan tersebut dikarenakan seringnya KRL yang melintas dan juga cuaca yang tidak menentu.

  Underpass ini dikerjakan manual oleh 20 orang yang memiliki kedalaman 5 meter ditambah dengan saluran air 3 meter total kedalaman 8 meter, dengan panjang 11 meter dan lebar 3 meter. Underpass ini menggunakan pondasi cakar ayam. Sebagai penopang bagian bawah rel kereta menggunakan besi jenis BH 5 dan setiap bagian ujung besi diberikan baut agar tidak bergerak.

Hasil gambar untuk pondasi cakar ayam
Pondasi Cakar Ayam

Besi BH 5

   Untuk pemasangan besi tersebut harus dilakukan penutupan salah satu jalur agar tidak terjadi anjlok dan tidak membahayakan pekerja, pemasangan besi tersebut memakan waktu sekitar 3 jam. Setelah dipasang barulah dilakukan pengeboran tanah. Untuk maintenance tergantung dari keadaan underpass tersebut, 

  Dari pembangunan underpass ini saya beserta tim berharap untuk lebih dipercepat lagi karena setiap hari semakin banyak orang yang ingin berpergian menggunakan KRL dan juga dibangun di semua stasiun karena underpass ini sangat berguna bagi keselamatan penumpang KRL Commuter Line Jabodetabek


Sumber :

http://megapolitan.kompas.com/read/2016/04/30/17373361/PT.KCJ.Bangun.Underpass.di.6.Stasiun.di.Jabodetabek

https://id.wikipedia.org/wiki/Stasiun_Citayam

http://metro.sindonews.com/read/1102084/171/pemkot-depok-desak-pembangunan-underpass-citayam-dipercepat-1460987842


Nama : Bagus Pabean
Kelas : 1TA02
NPM  : 11316321



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

METODOLOGI Studi kasus ini dilakukan pada lokasi drainase yang sering terendam air ketikaintensitas hujan tinggi di jalan Tanjung 2 B. Dramaga, Bogor. Denah lokasi terdapat padagambar 1. Pengamatan terjadinya genangan air dilakukan pada saat hujan pada tanggal 10Mei 2013 pukul 16.00 – 18.30 WIB. Dalam rentang waktu tersebut, genangan dan luaswilayah yang terkenda banjir dapat dengan mudah diamati. Penelitian ini menggunakan alatdan bahan berupa kamera, seperangkat komputer, meteran dan data curah hujan KabupatenBogor minimal 10 tahun. Data curah hujan yang digunakan yaitu data curah hujan KabupatenBogor dari tahun 2002-2011 dari stasiun pengamatan Atang Sanjaya. Data tersebut cukuprepresentatif mengingat jarak dari stasiun Atang Sanjaya ke Dramaga berjarak 30 km. Untukmendesain saluran drainase, terlebih dahulu dihitung debit puncak yang mungkin terjadidalam periode ulang tertentu. Dalam penelitian ini, digunakan periode ulang 5 tahun. Periodeula...

OPTIMASI JUMLAH KENDARAAN DALAM MENGANTISIPASI KEMACETAN LALU LINTAS DI KALIMALANG DENGAN METODE SIMPLEKS

Latar Belakang Kalimalang adalah sebuah sungai yang menyuplai air ke PAM (Perusahaan Air Minum) untuk masyarakat kota Jakarta dan sekitarnya. Berjarak 20 kilometer berawal dari kawasan Cawang sampai Bekasi. Jalan Raya Kalimalang mulai dari Cawang Baru – Pondok Bambu – Cipinang Melayu – Pondok Kelapa – Lampiri – Transito – Sumber Arta – Jakapermai – Galaxy – Bumi Satria Kencana dan berakhir di Mall Metropolitan Bekasi. Sumber air baku Kalimalang ini berasal dari Waduk Jatiluhur Purwakarta, tepatnya berasal dari aliran Sungai Citarum. Adapun bagian hulu Sungai Kalimalang ini, berasal dari Bendungan Curug. Bendungan Curug terletak di Desa Curug Kecamatan Klari Kabupaten Karawang Jawa Barat. Istilah Kalimalang identik dengan jalan yang berada di samping kali atau sebuah sungai yang tidak lazim, umumnya bentuk sungai itu dari hulu sampai hilir, atau dari pegunungan menuju ke laut, tetapi Sungai Kalimalang ini bentuknya melintang dari waduk Jatiluhur Purwakarta tepatnya dari Be...

FUZZY LINEAR PROGRAMING UNTUK PEMILIHAN JENIS KENDARAAN DALAM MENGANTISIPASI KEMACETAN LALU LINTAS DI KALIMALANG

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1      Latar Belakang Kalimalang adalah sebuah sungai yang menyuplai air ke PAM (Perusahaan Air Minum) untuk masyarakat kota Jakarta dan sekitarnya. Berjarak 20 kilometer berawal dari kawasan Cawang sampai Bekasi. Jalan Raya Kalimalang mulai dari Cawang Baru – Pondok Bambu – Cipinang Melayu – Pondok Kelapa – Lampiri – Transito – Sumber Arta – Jakapermai – Galaxy – Bumi Satria Kencana dan berakhir di Mall Metropolitan Bekasi. Sumber air baku Kalimalang ini berasal dari Waduk Jatiluhur Purwakarta, tepatnya berasal dari aliran Sungai Citarum. Adapun bagian hulu Sungai Kalimalang ini, berasal dari Bendungan Curug. Bendungan Curug terletak di Desa Curug Kecamatan Klari Kabupaten Karawang Jawa Barat. Istilah Kalimalang identik dengan jalan yang berada di samping kali atau sebuah sungai yang tidak lazim, umumnya bentuk sungai itu dari hulu sampai hilir, atau dari pegunungan menuju ke laut, tetapi Sungai Kalimalang ini bentuknya melint...